Rabu, 26 Februari 2014

Langkah-Langkah Membuat Jaringan LAN

Apa itu LAN ? 
        LAN adalah singkatan dari Lokal Area Network. LAN terdiri dari beberapa komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Pada jaringan ini setiap komputer dapat mengakses data dari komputer lain. Selain itu komputer yang terhubung dalam LAN juga dapat menjalankan hardware seperti printer dari komputer lain, chating dengan pemilik komputer lain ataupun bermain game bareng. Jumlah komputer yang terhubung pada LAN relatif kecil, misalnya komputer-komputer di rumah, di warnet, di tempat kos atau di beberapa tempat lain dimana komputer yang termasuk di dalam LAN berada dalam satu bangunan. Setiap komputer yang terhubung pada LAN mempunyai IP address yang berbeda. Komputer di dalam LAN terhubung melalui ethernet atau dapat juga dengan wireless teknologi yang berkecepatan antara 10-10000 Mbps. LAN yang menggunakan teknologi wireless biasa disebut wireless LAN. Pada umumnya wireless LAN lebih mahal dibanding dengan LAN yang menggunakan kabel, karena harga hardware untuk wireless LAN lebih mahal. Wireless LAN digunakan hanya jika pada tempat tersebut tidak memungkinkan dipasang kabel. Wireless LAN juga mempunyai beberapa keunggulan antara lain lebih fleksibel sehingga komputer yang terhubung wireless LAN dapat dipindahkan ke tempat lain yang masih dalam jangkauan, instalasi serta perlengkapan yang digunakan juga lebih sedikit dan “invisible”. Akan tetapi wireless LAN juga mampunyai kekurangan antara lain keamanan dari jaringan kurang, wilayah yang tercakup dalam jaringan terbatas pada wilayah yang dapat dijangkau oleh gelombang radio dari wireless LAN, kecepatan transfer data pada wireless LAN juga lebih lambat daripada LAN dengan kabel.

Nah untuk membuat jaringan LAN , berikut langkah-langkahnya :
1. Siapkan Peralatan
  • Tang Crimping
  • Connector RJ-45
  • Kabel UTP sesuai kebutuhan
  • Lan Card / NIC
  • Tester
  • Switch/Hub
2. Pasangkan konektor RJ-45 pada kedua ujung UTP , dengan susunan :

Kabel straight
Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Kabel straight digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda.

Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini yaitu sesuai dengan standar TIA/EIA 368B (yang paling banyak dipakai) atau kadang-kadang juga dipakai  sesuai  standar TIA/EIA 368A sebagai berikut:

urutan-kabel-utp-straight
Kabel cross over
Kabel cross over merupakan kabel yang memiliki susunan berbeda antara ujung satu dengan
ujung dua. Kabel cross over  digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama. Gambar dibawah adalah susunan standar kabel cross over.

urutan kabel utp crossover

Pemasangan Kabel UTP 

1) Kupas jaket luar kabel UTP dengan menggunakan crimping tool , tapi pasangan kabel yang kecil jangan dikupas.

2) Urutkan warna-warnanya sesuai aturan dan ratakan pasangan kabel UTP dengan crimping supaya panjang pasangan kabel rata.

 
3) Masukan pasangan kabel UTP pada konektor RJ-45


4) Jepitlah konektor RJ-45 sampai berbunyi click dengan menggunakan crimping tool.

3. Pasangkanlah kabel UTP yang sudah terpasang konektor RJ-45, ujung satu dipasangkan pada NIC / LAN CARD komputer Anda, dan ujung yang lainnya pada switch / hub.


4.Konfigurasi komputer Anda, agar LAN dapat terhubung.
Hal yang perlu di konfigurasi :
  •   IP Address
  •   Subnet Mask
  •   Default gateway (jikaterhubungke internet)
  •   DNS (Jikaterhubungke internet)
  •   Workgroup komputer
  •   NamaKomputer
5. Lakukan pengetesan jaringan menggunakan perintah ping <no ip komputer lain> pada windows. Jika muncul tulisan seperti dibawah, berarti jaringan Anda sudah terkoneksi.



Sumber :
http://www.google.com
http://www.catatanteknisi.com/2011/02/urutan-kabel-utp-straight-crossover.html
Materi dari Sekolah tentang LAN
Gimana menurut kamu:

0 komentar:

Posting Komentar